Tuesday, September 15, 2015

Engineer Ethics Decision Matrix

Dalam kasus ini, saya mengandaikan diri saya sebagai pengawas perakitan Kapal Titanic. Saya mengetahui bahwa ada kesalahan desain dalam kapal ini. Yaitu pada baling-balingnya. Baling-baling kapal titanic tersebut menggunakan kekuatan turbin uap yang dianggap efektif waktu itu namun memiliki kelemahan hanya bergerak maju, tidak dapat bergerak mundur. Melalui matriks etika keputusan teknis ini, saya ingin mengambil keputusan yang tepat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pilihan saya antara lain: berdoa agar selamat sampai tujuan, membenarkan baling-baling sendirian, mengajak teman untuk membenarkan baling-baling, merusak seluruh bagian kapal, melaporkan ketidaksetujuan pada atasan, membiarkan kapal beroperasi, berteriak-teriak di pinggir dermaga untuk tidak menaiki kapal, dan menghina para pencetus desain dan memublikasikannya.

Tindakan→
Prinsip dasar↓

Berdoa Agar Kapal Selamat Sampai Tujuan

Membenarkan Baling-baling Sendirian

Mengajak Teman untuk Membenarkan Baling-baling

Merusak Seluruh Bagian Kapal

Melaporkan Ketidaksetujuan pada Atasan

Membiarkan Kapal Beroperasi

Berteriak-teriak di Pinggir Dermaga untuk Tidak Menaiki Kapal

Menghina Para Pencetus Desain dan Mempublikasikannya

Mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat

Mungkin
Jika Tuhan mengabulkan, tidak akan ada hambatan selama perjalanan
Ya
Kalau baling-baling bisa benar, maka kapal akan dapat berjalan aman
Ya
Kalau baling-baling bisa benar, maka kapal akan dapat berjalan aman
Ya
Jika kapal rusak berat, maka kapal tidak mungkin dioperasikan
Ya
Jika atasan menanggapi dengan positif, tindakan tepat dapat diambil
Mungkin
Jika tidak ada hambatan selama perjalanan, kapal dapat tiba dengan selamat
Mungkin
Jika orang mendengarkan tanpa prasangka "orang gila"
Ya
Orang akan mengetahui kecacatan ini dan urung naik kapal

Bertindak sesuai bidang keahlian/kompetensi

Ya
Berdoa merupakan keahlian semua orang
Tidak
Saya tidak ahli merakit kapal
Ya
Saya berhubungan baik dengan teman saya
Tidak
Kompetensi saya adalah membangun/membuat, bukan merusak
Ya
Saya berkompeten untuk melaporkan kejadian pada atasan
Ya
Saya tidak bisa menghentikan jalannya kapal
Tidak
Saya tidak ahli meyakinkan orang
Tidak
Saya tidak suka social media dan bukan kompetensi saya untuk menghina

Menngisukan pernyataan publik yang objektif dan jujur

Tidak
Berdoa sifatnya pribadi bukan publik
Mungkin
Orang yang melihat saya akan penasaran dan menyampaikan masalah yang ada
Mungkin
Lebih banyak yang melihat kesalahan akan membuat berita yang semakin valid
Tidak
Orang akan berpikir saya gila karena merusak kapal milik perusahaan sendiri
Mungkin
Atasan bisa memublikasikan fakta, kebenaran yang dipoles, atau kebohongan
Tidak
Membiarkan kapal berarti berbohong pada masyarakat
Ya
Saya berteriak untuk menyampaikan kebenaran pada masyarakat
Mungkin
Saya sudah diliputi kebencian sehingga kata-kata saya tidak mungkin 100% benar

Setia dan dapat dipercaya oleh atasan dan klien

Tidak
Berdoa tidak terlihat dan tidak berpengaruh terhadap atasan/klien
Ya
Akan mendapatkan cap baik
Ya
Akan mendapatkan cap baik
Tidak
Merusak kapal berarti merusak kepercayaan
Ya
Menunjukkan loyalitas dan kredibilitas
Tidak
Tidak setia dan kredibel pada klien
Tidak
Akan merusak citra atasan dan perusahaan
Tidak
Akan merusak citra atasan dan perusahaan

Menghindari penyembunyian/ketidakjujuran

Tidak
Berdoa tanpa melakukan sesuatu berarti bersembunyi
Tidak
Membenarkan sendirian berarti menyembunyikan dari orang lain
Ya
Banyak yang tahu berarti jujur dan tidak menyembunyikan sesuatu
Tidak
Melakukan ini tanpa alasan berarti menyembunyikan sesuatu
Ya
Terbuka pada atasan
Tidak
Tidak melakukan sesuatu berarti menyembunyikan sesuatu
Ya
Tujuannya untuk memublikasikan bahwa ada kesalahan dalam kapal
Mungkin
Jika memaparkan dengan sesungguh-sungguhnya

Bertindak dengan penuh kehormatan

Tidak
Berdoa tidak kelihatan, tidak mengundang penghormatan
Mungkin
Jika berhasil membenarkan baling-baling
Ya
Menunjukkan kecintaan terhadap hidup, perlu dihormati
Tidak
Merusak bukan merupakan sifat terhormat
Ya
Terbuka pada atasan merupakan sikap terhormat
Tidak
Dapat merenggut nyawa banyak orang, bukan sifat terhormat
Tidak
Hal ini merendahkan harga diri
Tidak
Hal ini merendahkan harga diri dan tidak pantas dilakukan

Total

Ya: 1
Mungkin: 1
Tidak: 4

Ya: 2
Mungkin: 2
Tidak: 2

Ya: 5
Mungkin: 1
Tidak: 0

Ya: 1
Mungkin: 0
Tidak: 4

Ya: 5
Mungkin: 1
Tidak: 0

Ya: 1
Mungkin: 1
Tidak: 4

Ya: 2
Mungkin: 1
Tidak: 3

Ya: 1
Mungkin: 2
Tidak: 3

Melalui tabel di atas dapat disimpulkan bahwa melaporkan pada atasan dan mengajak teman untuk memperbaiki baling-baling merupakan tindakan yang paling tepat menurut engineer ethics untuk saya ambil dan lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kesalahan baling-baling pada Kapal Titanic.

No comments:

Post a Comment