Saturday, March 17, 2012

Dampak-dampak yang Ditimbulkan Games Bagi Anak-anak Usia Sekolah

 Akhir-akhir ini marak sekali games baik online maupun offline yang dikenali dan dimainkan oleh anak-anak usia sekolah. Games-games tersebut memang mengasyikkan apalagi bagi anak-anak yang sedang mengalami frustasi karena banyak masalah di sekolah. Seperti ujian, masalah dengan teman, nilai-nilai yang buruk, dll. Maka sebagai solusinya, banyak anak berpikir bahwa games merupakan jalan satu-satunya. tapi walaupun begitu, berikut ini dampak-dampak (positif dan negatif) yang mungkin ditimbulkan oleh games-games itu.

Dampak Positif::
1. Mengisi waktu luang
2. Menambah kreatifitas
3. Menambah jaringan pertemanan
4. Menghibur diri
5. Menyegarkan mata

Dampak Negatif:
1. Merusak mata karena layar monitor memancarkan sinar radiasi
2. Menghabiskan uang karena untuk game online biaya internet juga harus ditanggung. Selain itu biaya listrik penggunaan komputer juga harus dibayar.
3. Menyia-nyiakan waktu, bagi anak yang ingin menghilangkan stress karena ujian ia akan kecanduan main game akhirnya lupa waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas.
4. Menambah nilai buruk, karena lupa waktu dan waktu habis digunakan untuk bermain game, maka ketika besoknya ada ujian / ulangan, anak itu akan bingung dan tidak dapat mengerjakan ujian itu dengan baik sehingga mendapat nilai jelek. Jadi karena ingin refreshing karena mendapat nilai buruk akhirnya lebih mendapat nilai buruk.
5. Menurunkan nilai moral, karena ketika meminta uang pada orang tua dan tidak diberi, spontan anak yang sangat ingin main game itu akan marah dan membenci orangtuanya bahkan melakukan kekerasan.
6. Mendidik menjadi pribadi yang egois dan individualis, ketika seseorang bermain game dan sedang asyik, lalu ada seorang teman yang mengganggu, maka anak itu akan marah dan sikap seperti itu menunjukkan sifat seorang anak yang egois dan individualis.

Kelainan pada jari tangan
Dari dampak-dampak yang ada di atas, terbukti dampak yang ditimbulkan lebih banyak yang negtif dan merugikan, baik segi fisik maupun moral. Semoga hal ini dapat membantu dan membimbing kita menjauhi bahaya-bahaya yang tidak kita inginkan.

No comments:

Post a Comment